PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TENTANG MENARCHE TERHADAP PENGETAHUAN DAN KECEMASAN SISWA

  • Dwi Hendriani
  • Nino Adib Chifdillah Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Sinta Rusdiana Tamara Poltekkes Kemenkes Kaltim

Abstract

Abstract

Adolescence is one of the stages in human life, often referred to as the transition from adult children. Especially in young women will experience a physical change one of them is the menarche. The study aims to know the influence of health education with audiovisual media about targeting knowledge and anxiety. This research uses pre-experimental designs by using one group pretest posttest. Samples used as many as 37 students. Data analysis using Wilcoxon Test. Research results show p-value 0.000 < 0.05 There is a significant difference in students ' knowledge before and after given a health education with audiovisual media about the menarche while the results in the anxiety variable p-value 0.000 < 0.05 which means there is a significant difference in student anxiety before and after a health education with audiovisual media about the menarche. So the provision of health education uses effective audiovisual media to increase knowledge and reduce student anxiety.

 

Keywords : health education, menarche, knowledge, anxiety

 

Abstrak

Masa remaja merupakan salah satu tahapan dalam kehidupan manusia yang sering disebut dengan masa peralihan dari anak-anak kemasa dewasa. Khususnya pada remaja perempuan akan mengalami suatu perubahan fisik salah satunya adalah menarche. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual tentang menarche terhadap pengetahuan dan kecemasan. Penelitian ini menggunakan pre experimental designs dengan menggunakan rancangan one group pretest posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 37 orang siswi. Analisa data menggunakan Wilcoxon Test. Hasil Penelitian menunjukkan p-value 0,000 < 0,05 ada perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan siswi sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan media audiovisual tentang menarche sedangkan hasil pada variable kecemasan p-value 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap kecemasan siswi sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan media audiovisual tentang menarche. Sehingga pemberian pendidikan kesehatan menggunakan media audiovisual efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan mengurangi kecemasan siswa.  

 

Kata kunci : pendidikan kesehatan, menarche, pengetahuan, kecemasan

 

Published
2019-12-10

Most read articles by the same author(s)