Pengaruh Metode Deep Back Massage Terhadap Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif pada Ibu Inpartu di Rumah Sakit Awet Muda Narmada Tahun 2019

  • susilia idyawati stikes yarsi mataram

Abstract

Persalinan suatu proses membuka dan menipisnya serviks serta terjadi kontraksi uterus sehingga menyebabkan nyeri pada proses persalinan. Manajemen nyeri persalinan dapat diterapkan secara nonfarmakologis, salah satunya adalah masase yang bertujuan mengurangi nyeri, kecemasan dan waktu persalinan lebih pendek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh metode masase terhadap nyeri persalinan kala I fase aktif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy-eksperimen yang bersifat two group pretest-postest. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 38 orang dimana 19 kelompok intervensi dan 19 kelompok kontrol, dengan teknik pengambilan sampel  simple random sampling. Analisa data yang digunakan adalah uji t-dependen dan t-independen. Hasil penelitian diperoleh intensitas nyeri pada kelompok intervensi sebelum dilakukan masase rata-rata 7,26 dan sesudah rata-rata 4,74 sedangkan pada kelompok kontrol sebelum dilakukan masase rata-rata 7,00 dan sesudah rata-rata 6,16. Hasil uji t-dependen intensitas nyeri sebelum dan sesudah dilakukan masase pada kelompok intervensi diperoleh nilai P=0,000 dan pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah dilakukan masase diperoleh nilai P=0,007. Hasil uji t-independen dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sesudah dilakukan metode masase pada kelompok intervensi yaitu nilai P=0,001. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa adanya pengaruh metode masase terhadap penurunan intensitas nyeri persalinan kala I fase aktif.

Published
Dec 10, 2019
How to Cite
IDYAWATI, susilia. Pengaruh Metode Deep Back Massage Terhadap Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif pada Ibu Inpartu di Rumah Sakit Awet Muda Narmada Tahun 2019. MMJ (Mahakam Midwifery Journal), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 11 - 17, dec. 2019. ISSN 2548-5229. Available at: <http://ejournalbidan.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/midwifery/article/view/126>. Date accessed: 26 may 2020. doi: http://dx.doi.org/10.35963/mmj.v3i1.126.