Petunjuk bagi Calon Penulis Mahakam Midwifery Journal (MMJ)

Petunjuk Umum

Artikel yang akan dipublikasi, belum pernah diterbitkan dalam jurnal/penerbitan lainnya dan tidak mengandung unsur plagiarism.

Terbit 2 kali dalam setahun, periode Mei dan November.

Artikel yang telah diunggah akan dibahas oleh editor untuk kesesuaian dengan gaya selingkung, lalu artikel tersebut dikirim ke peer reviewer/mitra bebestari) untuk ditelaah isinya dari segi keilmuan. Artikel yang perlu perbaikan format dan atau isi akan dikembalikan sehingga penulis berkesempatan melakukan perbaikan berdasarkan catatan editor dan peer reviewer. Penulis akan mendapatkan pemberitahuan penerimaan atau penolakan artikel melalui email.

MMJ merupakan jurnal kebidanan yang menerbitkan artikel ilmu kebidanan bagi pengembangan pengetahuan kesehatan.

 Jenis Artikel ilmiah yang dimuat di MMJ meliputi:

  1. Artikel penelitian: merupakan karya ilmiah hasil penelitian dalam ilmu kebidanan. Sistematika artikel penelitian adalah Judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pendahuluan, metode penelitian, hasil  dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih dan daftar pustaka. Panjang naskah 8 – 12 halaman.
  2. Editorial: artikel yang membahas isu kebidanan yang sedang hangat dibicarakan atau membahas masalah kebidanan dan alternatif penyelesaiannya. Sistematika penulisan editorial adalah: judul, pendahuluan, isi makalah, penutup dan daftar pustaka. Panjang naskah 3 – 5 halaman.
  3. Tinjauan pustaka: artikel yang mencakup semua jenis artikel ilmiah terkait ilmu kebidanan yang bukan laporan hasil penelitian. Tinjauan pustaka menelaah suatu teori, mengembangkan model, mendeskripsikan fakta atau fenomena tertentu dan menilai suatu produk ilmu kebidanan mutakhir. Sistematika artikel tinjauan pustaka adalah: judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka. Panjang naskah 3 – 5 halaman.
  4. Laporan kasus: adalah artikel yang membahas kasus kebidanan menarik atau jarang dijumpai dan penatalaksanaannya. Sistematika artikel laporan kasus adalah: judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pendahuluan, ilustrasi kasus, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka. Panjang naskah 3 – 5 halaman.

 Download Template Penulisan di sini