Author Guidelines

MMJ (MAHAKAM MIDWIFERY JOURNAL) POLTEKKES KEMENKES KALTIM 

A. PETUNJUK UMUM

  1. MMJ (Mahakam Midwifery Journal) : Jurnal Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kaltim terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Mei dan November
  2. Penulis  adalah dosen, mahasiswa, penulis umum baik di lingkungan Poltekkes Kemenkes Kaltim maupun di luar Poltekkes Kemenkes Kaltim.
  3. Tulisan nerupakan hasil penelitian, karya ilmiah, atau artikel yang belum pernah dipublikasikan di media apapun dan tidak mengandung unsur plagiarism.
  4. Artikel yang telah diunggah akan dibahas oleh editor untuk kesesuaian dengan gaya selingkung, lalu artikel tersebut dikirim ke peer reviewer/mitra bestari) untuk ditelaah isinya dari segi keilmuan. Artikel yang perlu perbaikan format dan atau isi akan dikembalikan sehingga penulis berkesempatan melakukan perbaikan berdasarkan catatan editor dan peer reviewer. Penulis akan mendapatkan pemberitahuan penerimaan atau penolakan artikel melalui email.

 B. PETUNJUK KHUSUS

  1. Naskah diketik dalam program Microsoft Word, huruf Arial, ukuran 12 font , dengan spasi 1,15 dicetak pada kertas A4  dengan sebanyak maksimum 12 halaman, diserahkan dalam bentuk print out dan soft copy, dikirim ke redaksi Mahakam Midwifery Journal Poltekkes Kemenkes Kaltim dengan alamat Jl. W. Monginsidi No. 38 Samarinda-75123 atau Jl. Kurnia Makmur No. 64 dan  ke email : midwiferymahakamjournal@gmail.com.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Sistematika penulisan hasil penelitian adalah judul, nama penulis, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan serta daftar rujukan.
  3. Judul artikel dalam bahasa Indonesia   maksimal  14 kata, sedangkan dalam bahasa Inggris maksimal 12 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah ukuran huruf 14 font.
  4. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai lembaga asal/jabatan/bidang pengajaran, dan ditempatkan di bawah judul artikel .
  5. Sistematika Penulisan :
  1. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggeris, panjang abstrak maksimal 200 kata, sedangkan kata kunci 3 – 5 kata. Abstrak minimal berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian, simpulan, ukuran font 10.
  2. Pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian, panjang 15 – 20 % dari total panjang artikel.
  3. Metode berisi rancangan penelitian, sumber data dan teknik pengumpulan data,  dan  teknik analisis data, dengan panjang 10 – 15% dari total artikel.
  4. Hasil penelitian dan Pembahasan berisi paparan hasil analisis penelitian. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan / atau hasil penelitian sebelumnya yang Panjang 40 – 60% dari panjang artikel.
  5. Simpulan  intisari  hasil pembahasan  disajikan dalam bentuk paragraf.
  1. Perujukan dan kutipan ditulis menggunakan teknik rujukan berkurung, mis. (Davis, 2003:47)
  2. Daftar rujukan minimal 80% berupa terbitan 10 tahun terakhir,  berupa sumber primer (artikel-artikel penelitian dalam jurnal) dan buku pustaka.

C. JENIS ARTIKEL & PANDUAN

Dokumen-dokumen berikut harus disertakan pada saat Submit (wajib):
1.  Halaman judul: Harus mencakup informasi berikut:   

  • Judul naskah
  • Nama-nama (dijabarkan lengkap) dari semua penulis *, dan afiliasi
  • Rincian penulis yang sesuai (nama, email, alamat surat, nomor telepon dan faks)
  • Declaration of conflict of interest
  • Acknowledgment
  • Kontribusi penulis (Sebutkan kontribusi masing-masing penulis)
  • Pertimbangan etis (Sebutkan nama lengkap institusi atau komite etika dan nomor persetujuan)
  1. Formulir hak cipta
    Pernyataan bahwa materi yang terkandung dalam naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak secara bersamaan dikirim ke tempat lain. Formulir ini harus ditandatangani oleh setidaknya penulis korespondensi. 
  1. Teks utama:
    Teks utama artikel harus mengikuti pedoman setiap jenis artikel: