PERBEDAAN PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MEDIA VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG COVID-19

  • Nino Adib Chifdillah Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Sri Hazanah Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

Abstract

Abstract

 

Health development policy has faced challenges related to COVID-19 prevention which has been categorized by WHO as a pandemic in March 2020. The increasing transmission of this pandemic, COVID-19 can be prevented by providing health education with visual and audiovisual media related to COVID-19. This study was aimed to analyze the different influences of health education with visual media and audiovisual media on students' knowledge of COVID-19. This research applied Non-Equivalent Control Group Research Design. The location of this research was Health Polytechnic Ministry of Health, East Kalimantan. In total, 90 respondents who participated in this study. The results showed that there were differences in knowledge of visual and audiovisual group after given health education. In this study, it can be concluded that health education with visual media and audiovisual media are effective in increasing students' knowledge about COVID-19.

 

Keywords: health education, knowledge, COVID-19, teenager

 

 

 

 

Abstrak

 

Kebijakan dalam pembangunan kesehatan mendapatkan tantangan terkait penanggulangan COVID-19 yang telah dikategorikan WHO sebagai pandemi pada bulan Maret 2020. Upaya mencegah transmisi pandemi COVID-19 salah satunya dengan memberikan pendidikan kesehatan dengan media visual dan audiovisual terkait COVID-19. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan dengan media visual dan media audiovisual terhadap pengetahuan mahasiswa tentang COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Lokasi penelitian dilakukan di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Kalimantan Timur. Terdapat 90 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor pengetahuan kelompok visual dan audiovisual setelah diberikan intervensi. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan media visual dan media audiovisual efektif dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang COVID-19.

 

Kata Kunci : pendidikan kesehatan, pengetahuan, COVID-19, remaja

Published
2021-05-27